Home
Inspirasi dan Motivasi
KEUTAMAAN SHOLAT SUBUH

1. Sholat Subuh adalah faktor dilapangkannya Rezeki.

Selepas Sholat Subuh, Nabi Muhammad SAW mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur.

Maka beliau membangunkan dan mengatakan : Hai Fatimah, bangun dan saksikanlah rezeki Robbmu, karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari. (HR Al Mundziri).

2. Sholat Subuh menjaga diri seorang muslim.

Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa melaksanakan Sholat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminannya kepada kalian dengan sebab apapun. Karena siapa yang Allah cabut jaminan-Nya darinya dengan sebab apapun, pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka Jahanam." (HR.Muslim).

3. Pahala seperti Sholat malam semalam suntuk.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang melaksanakan Sholat Isya secara berjamaah, maka ia seperti Sholat malam separuh malam. Dan barangsiapa melaksanakan Sholat Subuh secara berjama'ah, maka ia seperti Sholat malam satu malam penuh." (HR. Muslim).

4. Sholat Subuh adalah tolak ukur keimanan.

"Batas antara kita dengan orang-orang munafik adalah menghadiri Sholat Isya dan Subuh, sebab orang-orang munafik tidak sanggup menghadiri kedua Sholat tersebut."(Muwaththo' Imam Malik).

5. Sholat Subuh salah satu penyebab masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda :

"Siapa melaksanakan dua Sholat bardain (Subuh dan Ashar) ia masuk surga".(HR Bukhori)

6. Bisa melihat wajah Allah SWT yang mulia.

Mereka yang menjaga Sholat Subuh dan Ashar, dijanjikan kelak di surga akan melihat Allah SWT. Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah ra :

”Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ”Sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan sholat sebelum terbit matahari dan sholat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah.”

(HR Al Bukhari dan Muslim).

7. Sholat Subuh disaksikan oleh para Malaikat.

Rasulullah SAW bersabda : "Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat-malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu Sholat Subuh dan Ashar. Setelah itu, malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit, lalu Allah bertanya kepada mereka dan Dia lebih tahu tentang mereka, Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku?' Mereka menjawab, "Kami meninggalkan mereka dalam keadaan Sholat, dan kami datang kepada mereka ketika mereka Sholat malam."(HR.Bukhari).

Sahabat, Kemuliaan Sholat Subuh tersebut menjadikan kita para jama'ah-nya menjadi mahluk yang dimuliakan Allah SWT, maka berteguh dan istiqomahlah, upayakan Sholat Subuh berjam'aah di masjid bagi laki-laki dan tepat waktu di rumah bagi perempuan.

Meskipun berat, sesungguhnya ini adalah kemenanganmu yang paling besar selain mengalahkan hawa nafsu. Dan bersyukurlah sahabat, karena kita senantiasa dengan ridho Allah akan tergolong orang-orang yang bertaqwa yang akan diangkat derajatNya di sisi Allah SWT. Aamiin

Blog authors

No comments