Inspirasi dan Motivasi

KEUTAMAAN SHOLAT SUNNAH FAJAR/QOBLIYAH SUBUH

Guru Sharing
January 02, 2024
0 Comments
Home
Inspirasi dan Motivasi
KEUTAMAAN SHOLAT SUNNAH FAJAR/QOBLIYAH SUBUH

 1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh yang pertama yakni kebaikannya lebih baik dari dunia dan seisinya.

Hal ini sesuai dengan salah satu hadits, yang berbunyi:

Aisyah RA meriwayatkan dari Rasulullah SAW, Beliau bersabda : "Dua rakaat Sholat Sunnah Fajar (qabla subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya. (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Tak bisa dibayangkan betapa besar keutamaan yang Allah simpan di balik Sholat Sunnah Fajar ini sehingga timbul pertanyaan,

"Ada hikmah apa dibalik ini semua?"

 Penjelasan berikut dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Dunia dan segala aktivitas yang berada di dalamnya dimulai pada pagi hari. Biasanya, selepas bangun tidur, orang akan segera bergegas melakukan persiapan guna menyongsong rutinitas dan kesibukan sehari-hari. Ada yang mengawali pagi dengan berolahraga terlebih dahulu, mungkin ini bagi yang sempat dan mereka bangun lebih cepat. Ada juga yang segera berangkat ke tempat kerja, khawatir terlambat dan kena teguran atasan. Begitu sibuknya mereka berharap dunia akan memberikan yang terbaik. Segala persiapan di pagi hari menentukan pencapaian yang akan diraih, karena titik awal itulah yang menentukan.

Namun, lain halnya dengan orang-orang yang beriman dan

bertakwa kepada-Nya. Dia akan memulai titik awal itu dengan bersujud kepada Allah Yang Maha Kuasa, seraya memohon kebaikan di dunia dan di akhirat. Dia yakin segala apa yang ada di dunia ini adalah milik-Nya dan apa yang akan dia lalui pada hari itu tidak akan berjalan tanpa izin dari-Nya. Kebaikan apa pun di dunia tidak akan dimiliki kalau Allah tidak berkenan. Begitupun juga dengan keburukan, dia tidak akan ditimpa keburukan jika Allah tidak mengizinkannya. 

Mereka yang beriman dan bertakwa mengawali pagi dengan "berdoa", memohon dibukakan pintu rahmat dan keberkahan sehingga dapat meraih apa yang dia inginkan. Rasa tunduk dan pengabdian ini, semuanya, dilakukan dari semenjak fajar menyingsing melalui dua rakaat Sholat Sunnah Fajar. On time alias tepat pada waktunya. Ketika orang lain banyak yang sibuk mempersiapkan dunia, día sibuk memohon kepada yang menciptakan dunia. Masya Allah, ini adalah sebuah starting point yang amat bagus.

2. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Mendapat pahala yang berlimpah. Beruntung bagi umat yang mampu rutin menunaikan sholat Sunnah Fajar. keutamaan Sholat Sunnah Fajar ini dibuktikan dengan Nabi Muhammad SAW yang selalu menjaga dan tidak meninggalkan dua rakaat sholat ini.

Aisyah RA berkata,"Nabi SAW tidaklah menjaga sholat sunnah yang lebih daripada menjaga Sholat Sunnah dua rakaat sebelum Subuh." (HR Muslim)

3. Menutup Kekurangan Sholat Wajib

Keutamaan sholat fajar adalah dapat menutup kekurangan saat menjalankan ibadah sholat wajib. Manusia dalam menunaikan ibadah wajib, pasti tak luput dari kesalahan. Tak jarang sholat yang dilakukan memiliki kekurangan di bagian-bagian tertentu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah sholat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu. Lihatlah kalian pada sholat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika sholatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah? Jika ia memiliki sholat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan sholat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud).

4. Dibangunkan Rumah Di Surga

Allah SWT juga menjanjikan kenikmatan yang luar biasa. Dimana kelak mereka yang senantiasa menjalankan sholat qobliyah subuh secara rutin akan dibangunkan hunian di surga. Sebagaimana Ummu Habibah Radhiallaahu anha berkata,

“Aku telah men-dengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, Barangsiapa sholat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum sholat Subuh.”(HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih).

Coba renungkan, wahai saudaraku. Ini semua keutamaan Sholat Sunnah Fajar. Jangan sia siakan kesempatan menggapai hadiah Allah dengan mendirikan Sholat Sunnah Fajar.

Bagaimana Anda terlena dari sesuatu yang lebih baik dari dunia dan seisinya?


Blog authors

No comments